Minggu, 30 September 2012

ZAKAT KOTENPORER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-
Satuan Pendidikan     : MA
Mata Pelajaran           : Fiqih
Kelas/ Semester          : X/ 1 (Satu)
Tahun Ajaran              : 2012/2013
Alokasi Waktu            : 2x 40 Menit

A.  Standar Kompetensi
1.    Memahami pelaksanaan zakat dan hikmahnya

B.  Kompetensi Dasar
1.    Menjelaskan hikmah wajib zakat bagi zakat kontemporer

C.  Indikator
1.    Menjelaskan hikmah zakat kontemporer

D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu memahami hikmah dari zakat kontemporer

E.  Materi ajar
Adapun hikmah dari pelaksanaan wajib zakat kontemporer antara lain adalah:
1.    Sebagai perwujudan keimanan kepada Allah, mensyukuri nikmatnya, menumbuhkan akhlak yang mulia dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, menghilang sifat kikir, rakus dam materialistis, menumbuhkan ketenangan hidup, sekaligus membersihkan dan mengembangkan harta yang kita miliki. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surah At-Taubah: 103. Dengan bersyukur, harta dan nikmat yang dimiliki akan semakin bertambah dan berkembang. Yang berbunyi:
õè{ ô`ÏB öNÏlÎ;ºuqøBr& Zps%y|¹ öNèdãÎdgsÜè? NÍkŽÏj.tè?ur $pkÍ5 Èe@|¹ur öNÎgøn=tæ ( ¨bÎ) y7s?4qn=|¹ Ö`s3y öNçl°; 3 ª!$#ur ììÏJy íOŠÎ=tæ ÇÊÉÌÈ
Artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2.    Untuk menolong fakir miskin[1]
3.    Pelaksanaan zakat bukanlah hal semata-mata berdimensi ketuhanan, tetapi juga aspek sosial kemanusiaan sehingga ibadah zakat menuntut juga rasa solidaritas kemanusiaan, etika, moral dan akidah.
4.    Memperjuangkan keadilan sosial dan mengusahakan kesejahteraan atau kemaslahatan umat, serta mengurangi kesenjangan sosial terutama dalam bidang ekonomi.
5.    Zakat kontemporer adalah pelaksanaan nilai atau subtansi sebuah hukum islam dan bukan tuntutan formal atau teks yang menjadi dasar hukum islam
6.    Semua manusia yang mempunyai kelebihan harta benda dalam bentuk apapun wajib menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya
7.    Semua nikmat Allah yang diberikan oleh Allah kepada kita terdapat hak-hak orang lain, zakat berarti mensucikan harta benda yang kita peroleh agar benar-benar halal dan berkah.[2]
8.    Zakat merupakan menifestasi dari syukur atas nikmat Allah
9.    Zakat dapat mengobati hati dari cinta dunia
10.     Zakat dapat mengembangkan kekayaan bathin
11.     Zakat dapat mensucikan harta dan mengembangkan harta.[3]
12.     Menambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi umat.
13.     Sebagai ibadah kepada Allah SWT

F.   Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi

G. Langkah- langkah pembelajaran
1.    Pendahuluan
Kegiatan Guru
·      Guru mengucapkan  salam pembuka, mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas
·      Salah seorang siswa memimpin do’a bersama  sebelum memulai pelajaran
·      Apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
·      Mengadakan pretes untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang akan diajarkan
·      Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran

Kegiatan Siswa
·      Mendengarkan guru mengambil absen
·      Menyiapakn diri untuk mengikuti PBM
·      Mendengarkan guru menjelaskan tujuan ppembelajaran dan metode yang akan digunakan dalam proses PBM
·      Menjawab pertanyaan guru seputar materi yang akan dipelajari.

2.    Kegiatan inti
a.    Eksplorasi
Kegiatan Guru
·      Guru menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa
Kegiatan Siswa
·      Siswa mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru
·      Siswa mencatat hal yang penting dari penjelasan dari guru.

b.    Elaborasi
Kegiatan Guru
·     Guru melibatkan peserta didik dalam menggali informasi mengenai materi pelajaran
·     Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan pola interaksi yang terarah.
Kegiatan Siswa
·      Melibatkan diri dalam aktifitas pembelajaran.

c.    Konfirmasi
Kegiatan Guru
·      Memberikan penguatan mengenai materi pembelajaran
·      Menjawab pertanyaan atau persoalan yang belum dimengerti oleh siswa.
Kegiatan siswa
·      Mendengarkan pengatan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru
·      Menanyakan persoalan yang belum dimengerti.

3.    Penutup
Kegiatan guru
·      Menyimpulkan hasil pembelajaran dengan bersamaan membimbing peserta didik mengambil kesimpulan pembelajaran.
·      Memberikan umpan balik kepada siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran
·      Menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah
Kegiatan siswa
·      Mendengarkan dan mencatat keimpulan pelajaran pada hari itu
·      Menutup pembelajaran membaca hamdalah.


H.  Media dan Sumber Belajar
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      infokus
2.    Sumber
a.    M. Rizal Qasim, Pengalaman Fiqih 1, Tiga Serangkai
b.    Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 1996
c.    H.didin Hafidhudin, Zakat dan Perekonomian Modern, Jakarta : Gema Insan Press, 2004
3.    Jenis penilaian
a.    Teknik : lisan
b.    Bentuk : essay
4.    Instrument
a.    Jelaskan hikmahnya zakat kontemporer?

Batusangkar, 20 maret 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

Drs Estukimo                                                                                          ZAINAL MASRI
NIP.                                                                                                        NIM: 09101043




[1] H.Didin Hafidhudin, Zakat dan Perekonomian Modern, (Jakarta : Gema Insan Press, 2004), h 121
[2] M. Rizal Qasim, Pengalaman Fiqih 1, (Tiga Serangkai),  h 41
[3] Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, (Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 1996), h 848-866

Tidak ada komentar:

Posting Komentar