Kamis, 11 Oktober 2012

Penerapan Pendidikan Karakter Butuh Keteladanan





28 April 2012 Gubernur: Penerapan Pendidikan Karakter Butuh Keteladanan(Http://Www.Sumbarprov.Go.Id/Detail_News.Php?Id=4777)
Batusangkar, Sumbar (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengemukakan, penerapan pendidikan karakter di sekolah membutuhkan keteladanan dari guru agar pelaksanaanya dapat berjalan efektif.
Karena itu guru harus siap menjadi model untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter, sehingga apa yang diajarkan tertanam dalam kepribadian siswa, kata dia di Batusangkar, Jumat.
 Irwan mengemukakan hal itu saat memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar dengan tema 'Kebijakan Pemprov Sumbar Tentang Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Berkarakter.
 Menurut dia, selama ini penerapan pendidikan karakter terkendala adanya mata rantai yang putus antara tujuan yang hendak dicapai dengan proses pelaksanaan. Misalnya ketika hendak menanamkan akhlak mulia, yang diajarkan  justru bagaimana siswa memahami definisinya dan dapat menjawab dengan benar saat ujian. Akibatnya, banyak siswa yang memahami pengertian akhlak mulia namun hanya pada tataran pemahaman dan tidak sampai pada taraf pengamalan, kata dia.
Padahal, menurut gubernur, yang lebih penting adalah bagaimana menanamkan sikap akhlak mulia tersebut dan hal itu hanya dapat dilakukan dengan memberikan keteladanan.Ia mengingatkan,  dalam hal ini guru dan kepala sekolah harus siap menjadi model dengan karakter yang baik untuk dijadikan contoh oleh siswa.
Kemudian, kendala lain dalam penerapan pendidikan karakter adalah karena selama ini guru hanya diberi kewajiban menyampaikan pelajaran dengan target tertentu tanpa ada amanat bagaimana memberikan contoh yang baik dalam kejujuran, kedisiplinan dan akhlak mulia.
         Karena itu, Pemprov Sumatera Barat mengadakan pelatihan agar guru dapat menjadi model yang efektif dalam penerapan pendidikan karakter, katanya.
Saat ini Pemprov Sumatera Barat melaksanakan program pendidikan karakter dengan membentuk satu sekolah model tingkat SMP di 18 kabupaten dan kota untuk kemudian akan diterapkan di seluruh sekolah yang ada.(antara-sumbar.com) (Kantor Berita Antara)


Jumat, 4 Mei 2012Tauhid Basis Pendidikan Berkarakter (http://sumbar.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=47227) Kamis, 26 Januari 2012 – Hukmas, KUB & Umum
Makmur Syarif: Tauhid Basis Pendidikan Karakter
Padang, Humas 
Pendidikan berkarakter belakangan sering menjadi pembicaraan umum. Pendapat para pakar dan praktisi pendidikan pun mencuat kepermukaan. Tidak terkecuali lembaga pendidikan perguruan tinggi sebagai pencetak kader-kader pendidik ditingkat madrasah dan sekolah umum. Sepertinya mereka harus. berperan aktif menyelamatkan julukan pendidikan berkarater itu. 
Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. H.Makmur Syarif, SH, M.Ag Kamis (26/1) di Padang usai memberikan makalah beberapa waktu lalu di gubernuran Padang, dirinya menyatakan bahwa pendidikan berkarakter itu harus menjadikan tauhid (keyakinan yang bersumber dari Allah SWT) sebagai basis pendidikan karakter. Salah satu ciri dari pendidikan karakter itu, terdapat jiwa kemandirian, kejujuran, kedisiplinan serta ikhlas dan taat menjalankan ibadah sesuai dengan tuntutan ajaran Islam.
Sebelumnya diskusi tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayito Wamendiknas Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Rektor Universitas Andalasa Padang Dr. Werry Darta Taifur dan anggota Dewan Pendidikan Sumbar Prof Sufyarma Marsidin. Dikatakan Makmur Syarif, setelah tauhid seseorang sudah kokoh dan melekat maka prilaku tak terpuji akan hilang. “Salah satu contoh kasus bejat, sekiranya seseorang punya kesempatan dan berkeinginan melakukan korupsi dalam bekerja di kantor pemerintah dan swasta dan di lembaga legislative (DPR), kalau pada dirinya melekat budaya zikrillah atau tiba-tiba ingat Allah SWT, pasti ia tak jadi melakukannya karena perbuatan itu sangat hina,” tegasnya.
Dalam kaitannya dengan fungsi dan peran perguruan tinggi Islam, terutama IAIN Imam Bonjol Padang dari dulu hingga masa datang, dijelaskan, Makmur Syarif memandang pendidikan karakter setarikan nafas dengan program utama perguruan tinggi agama terbesar di Sumatera Barat tersebut. Dalam makalahnya, Makmur juga mereview hasil Konferensi Tahunan (Annual Conference on Islamic Studies-ACIS) ke-11 bulan Oktober 2011 yang lalu di Bangka-Belitung yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama. Pendidikan karakter dianggap penting karena menjadi bobot keharusan mengatasi persoalan dunia pendidikan bagi generasi muda ditingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi dan saat ini tengah dihadapi bangsa di era global.
Ia menulis, tema ini dipandang penting mengingat beberapa alasan, pertama, dewasa ini isu terkait dengan pentingnya pembangunan kembali karakter bangsa di ruang publik sangat kuat.Kedua, perbendaharaan pembangunan karakter bangsa dalam Islam itu sangat kaya. Ketiga, pendidikan dalam arti umum punya peran penting dalam pembangunan karakter. Keempat, pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan bangsa. Kelima, nilai-nilai luhur bangsa banyak bersumber dari ajaran-ajaran Islam yang terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui forum ini, saya mengajak semua perguruan tinggi Islam menyadari dan menyiapkan lulusan untuk membangun karakter bangsa yang berkualitas. 
Melalui pendidikan Agama-lah maka dapat dimasukkan berbagai materi terkait moral, akhlak, nilai-nilai, yang bersumber dari ajaran Al’quran dan Hadist Nabi Muhammad Rasullah SAW, sejak dulu hingga kini tidak bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa . (nal/mn). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar